Debat kandidat Gubernur Sulteng usung tiga tema

PALU: Debat kandidat Pilkada Sulawesi Tengah yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, dan disiarkan Metro TV,  stasiun televisi swasta nasional pada 2 April 2011, akan mengusung tiga tema utama.
Anggota KPU Sulawesi Tengah Yahdi Basma di Palu, menyebutkan tiga tema utama itu adalah sistem pemerintahan yang baik, pelayanan umum, dan ekonomi kerakyatan.
Menurut dia, tiga tema itu sudah sesuai dengan isu yang sedang berkembang di masyarakat saat ini.
Ketiga tema itu juga sudah mencakup semua aspek yang dibutuhkan masyarakat, seperti kesehatan dan pendidikan.
Dia mengatakan, debat kandidat itu akan menghadirkan panelis lokal dan nasional, yakni Prof. Ahmad Ruslan (pakar ilmu pemerintahan Universitas Hasanuddin Makassar), Prof. Matulada (pakar ekonomi Universitas Universitas Tadulako Palu), DR Henry Saparini (pengamat ekonomi dari Econit Advisory Group), dan DR Slamet Riani Cante (pengamat pelayanan publik Universitas Tadulako Palu).
Yahdi Basma mengatakan perpaduan panelis nasional dan lokal akan bisa lebih membedah wawasan para kandidat sehingga bisa memberikan informasi tambahan kepada calon pemilih.
Dia mengatakan masyarakat diharapkan bisa mengetahui “isi” kepala para kandidat saat debat berlangsung dan disiarkan secara langsung di televisi.
“Jadi, pemilih cerdas akan memilih pemimpin yang berkualitas,” kata Yahdi.
Debat kandidat merupakan salah satu bagian dari kampanye yang bertujuan untuk memenuhui hak masyarakat umum untuk mengetahui visi dan misi para kandidat secara komprehensif.
Debat kandidat ini akan berlangsung selama dua jam dengan dihadiri 500 tamu undangan.
Pilkada Sulteng yang pemungutan suaranya akan berlangsung pada 6 April 2011 ini diikuti lima kandidat, yakni Aminuddin Ponulele/Luciana Is Baculu, Sahabuddin Mustapa/Faisal Mahmud, Longky Djanggola/Sudarto, Rendy Lamadjido/HB Paliudju, dan Achmad Yahya/Ma’ruf Bantilan.

0 komentar:

Posting Komentar